Selasa, 27 Oktober 2009

LEUKEMIA ?

Beberapa dekade yang lalu istilah leukemia jarang terdengar. Tapi saat ini sering kali kita mendengar istilah leukemia. Di dunia kedokteran saat ini penyakit leukemia memang merupakan penyakit yang jumlah penderitanya semakin meningkat.

Apa leukimia itu?

Leukimia adalah kanker sel darah. Sel-sel darah dibuat di sumsum tulang, jaringan lunak di dalam sebagian besar tulang. Ketika manusia dalam keadaan sehat maka sumsum tulang akan memproduksi :

  • sel darah putih; yang membantu tubuh melawan infeksi
  • sel darah merah; yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh
  • trombosit; yang membantu penjendalan darah

Ketika manusia menderita leukemia maka sumsum tulang, maka sumsum tulang membuat sel darah putih abnormal yang banyak yang disebut sebagai sel leukemia. Sel leukemia tidak berfungsi normal sebagaimana sel darah putih normal, sel leukemia tumbuh lebih cepat daripada sel darah putih normal. dan tidak berhenti tumbuh sebagaimana mestinya.

Selanjutnya sel leukemia dapat menggeser sel-sel darah yang normal. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang serius seperti anemia, perdarahan dan infeksi. Sel leukemia dapat menyebar dalam kelenjar getah bening atau organ lain dan menyebabkan pembengkakan atau sakit

Tipe leukemia :

Ada beberapa tipe dari leukemia. Secara umum leukemia dibagi berdasarkan seberapa cepat terjadi pemburukan dan jenis sel darah putih apa yang terkena.

  • Jenisnya akut atau kronis. Leukemia akut terjadi pemburukan yang cepat, sehingga penderita mengalami sakit yang hebat. Leukemia kronis terjadi pemburukan yang lambat dan mungkin tidak menimbulkan gejala dalam beberapa tahun.
  • Jenisnya limfositik atau mielogonous. limfositik atau limfoblastik menyerang sel darah putih yang disebut limfosit. Mielogonous leukemia menyerang sel darah putih yang disebut mielosit.

Ada 4 tipe utama leukemia :

  1. Akut Limfoblastik Leukemia atau ALL. ALL biasanya terjadi pada anak-anak. Orang dewasa juga dapat menderita ALL.
  2. Akut Mielogonous Leukemia atau AML. Dapat menyerang anak-anak dan dewasa
  3. Kronik Limfositik Leukemia atau CLL. Kebanyakan terjadi pada dewasa terutama diatas usia 55 tahun. Jarang terjadi pada anak-anak
  4. Kronik Mielogonous Leukemia atau CML. Kebanyakan menyerang orang dewasa.

sumber : www.webmd.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar